4C DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Winda Marlina, Dhitsaha Jayanti

Abstract


Era revolusi industri 4.0 membutuhkan sumber daya manusia yang mampu berdaya saing untuk menciptakan teknologi dalam upaya mempertahankan hidupnya. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia tersebut. Pembelajaran matematika merupakan bagian dari pendidikan yang mempunyai tugas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing dalam era industry 4.0. Hal ini sejalan dengan tujuan pembelajaran matematika adalah untuk membentuk pola berpikir seseorang sehingga mampu berpikir kritis, kreatif, logis, dan sistematis. Selain itu, mampu untuk menjadi seseorang yang problem solver. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika pendidik perlu menanamkan 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, Creativity and Innovation). 4C ini dapat dikembangkan dalam langkah-langkah atau model pembelajaran, bahan ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), ataupun media yang digunakan. Dengan menanamkan 4C dalam pembelajaran matematika, harapannya mampu menghasilkan manusia yang sesuai dengan tuntutan era industry 4.0.

Kata kunci : Revolusi Industri 4.0, Pembelajaran Matematika, 4C


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.