UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019

Veldya Veldya, Sumargiyani Sumargiyani, Tika Agustina Maulida, Usi Rohmatika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi belajar matematika siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dalam materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan interaksi belajar matematika siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi interaksi belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I interaksi siswa sebesar 55,060% dengan kriteria cukup baik kemudian pada siklus II sebesar 70,387% dengan kriteria baik.

Kata kunci: Kooperatif tipe NHT, Interaksi belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.