ANALISIS KESULITAN MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNER KELAS V SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN

Umi Fatimah, Syariful Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji lebih dalam kesulitan matematika yang dihadapi subjek (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan matematika subjek dan (3) memberikan rekomendasi pemecahan masalah untuk mengatasi kesulitan matematika yang dialami subjek. Subjek penelitian disini adalah dua siswa slow learner di kelas V laki-laki dan perempuan berusia 12 tahun. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas dan teman sekelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik wawancara dan teknik data tertulis berupa tes subjektif. Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman. Uji keabsahan data peneliti diperoleh melalui uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Berdasarkan hasil tes matematika menunjukan bahwa subjek mengalami kesulitan berhitung , penguasaan konsep, kesulitan penggunaan nilai tempat,  dan pemecahan masalah soal cerita matematika yang dilatar belakangi dengan ketidakmampuan membaca.           Ada dua faktor yang mempengaruhi kesulitan matematika yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yang diluar dari diri siswa. Rekomendasi pemecahan kesulitan matematika pada diri siswa yaitu lakukan proses pembelajaran dengan prinsip PAIKEM, lakukan pengulangan materi, bimbingan belajar, pengolahan diri dan pembelajaran remedial dalam pembelajaran

Kata kunci: Kesulitan matematika, ABK, siswa slow learner, slow learner SD


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.