UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019

Usi Rohmatika, Sumargiyani Sumargiyani, Tika Agustina Maulida, Veldya Veldya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII C di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta dengan menggunakan metode kooperatif tipe course review horay.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dari penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan angket motivasi, kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu menyajikan data dalam bentuk uraian serta pemahaman berdasarkan hasil penelitian. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode course review horay berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta pada mata pelajaran matematika dilihat dari diperoleh dari prosentase hasil observasi dan angket motivasi. Pada siklus I hasil observasi adalah 54,91% dengan kriteria cukup baik, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,21%. Sedangkan prosentasi motivasi siswa dilihat dari angket motivasi siswa pada siklus I sebesar 50,2% meningkat pada siklus II menjadi 62,2%. Dari hasil wawancara diperoleh kesimpulan bahwa siswa tertarik belajar dengan menggunakan metode kooperatif tiper course review horay untuk meningkatkan motivasi belajar matematika.

Kata kunci: Metode Kooperatif tipe course review horay, motivasi belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.