ETNOMATEMATIKA PADA GELANG MANIK SUKU DAYAK AOHENG KALIMANTAN TIMUR

Nor Annisa

Abstract


Pendidikan dan budaya merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, karena budaya merupakan kesatuan utuh dan menyeluruh yang berlaku dalam suatu masyarakat sedangkan pendidikan sebagai kebutuhan mendasar bagi setiap inidividu dalam masyarakat. Etnomatematika merupakan matematika yang tumbuh dan berkembang dalam kebudayaan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna filosofi yang terkandung dalam gelang manik suku Dayak Aoheng dan mengetahui aspek-aspek matematis yang terkait pada gelang manik suku Dayak Aoheng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) makna filosofi dari gelang manik adalah lambang persatuan, persaudaraan, pengikat, kekeluargaan, penguat, dan pengokoh. Gelang manik memang sangat penting dalam kebudayaan Suku Dayak Aoheng dan bisa berdampak tidak baik jika tidak digunakan dengan sesuai ketentuan adat, (2) aspek-aspek matematika yang terdapat dalam gelang manik adalah bangun datar, bangun ruang, dan barisan geometri.

Keywords: Etnomatematika, Gelang Manik

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.