ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 2 PURING PADA MATERI SEGI EMPAT

Sri Retnowati, Riyadi Riyadi, Sri Subanti

Abstract


Salah satu keterampilan era revolusi 4.0 yaitu menuntut siswa untuk mempunyai kemampuan berpikir kritis yang tinggi agar dapat bersaing di era sekarang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi segi empat. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Puring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 6 soal uraian materi segi empat. Setelah pengambilan data kemudian dikumpulkan dianalisis dan dideskrisikan sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, dan Self-regulation. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan indikator dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40% siswa pada aspek interpretation, 23% siswa pada aspek analysis, 13% siswa pada aspek evaluation, 10% siswa pada aspek Inference, 10% siswa pada aspek explanation, dan 3% siswa pada spek self regulation. Hasil penelitan tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah terutama pada indikator explanation dan self-regulation.

Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Segi empat


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.