PROFIL PENYELESAIAN SOAL TRAPESIUM OLEH MAHASISWA PGSD DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE

Sri Arifah, Helti Lygia Mampouw, Danang Setyadi

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penyelesaian soal tentang trapesium oleh mahasiswa PGSD ditinjau dari level berpikir van Hiele. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dibantu instrumen pendukung yang terdiri dari soal tes dengan indikator van Hiele dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah tiga mahasiswa PGSD yakni LS, ZP dan WF. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan level berpikir van Hiele. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek berhasil pada level 0 karena dapat menamai bentuk-bentuk bangun dan memilih bangun trapesium diantara bangun-bangun lain. Subjek ZP dan LS berhasil pada level 1 karena kedua subjek mampu mengidentifikasi sifat pada macam-macam bangun trapesium dan melukiskan bangun berdasarkan sifat yang diketahui. Hanya subjek LS yang mampu mencapai level 2 karena mampu mengidentifikasi hubungan antar bangun dan mampu mendefinisikan bangun trapesium.

Kata Kunci: Trapesium, Mahasiswa PGSD, van Hiele


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.