UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN WORKED EXAMPLE PADA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan worked example pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 5 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII J SMP Negeri 5 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan selama dua siksus yaitu siklus pertama yang terdiri dari lima pertemuan dan siklus kedua terdiri dari empat pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan worked example dan angket kemandirian belajar. Data yang telah diperoleh melalui instrumen penelitian dianalisis secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa kelas VIII J SMP Negeri 5 Yogyakarta mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran selama dua siklus. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil angket kemandirian belajar siswa pada siklus pertama berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 3,55 dan banyak siswa yang mengalami peningkatan adalah 62,5%, sedangkan pada siklus kedua berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 3,71 dan banyak siswa yang mengalami peningkatan 90,62%. Berdasarkan hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan worked example pada siklus pertama yaitu 94,81% dan siklus kedua dengan keterlaksanaan pembelajaran adalah 95,68%.
Keywords: kemandirian, penelitian tindakan kelas, worked exampleRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.