DESKRIPSI KEBUTUHAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Siska Audhina Kusumaningtyas, Suparman Suparman

Abstract


Salah satu aspek keterampilan revolusi industri 4.0 yang ada pada pembelajaran abad 21 adalah kreativitas. Berpikir kreatif dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang atau peserta didik untuk menciptakan sesuatu yang baru baik dalam konsep maupun dalam karya, namun minimnya media pembelajaran yang meningkatkan kreativitas peserta didik merupakan salah satu kendala yang kerap ditemui. Selain itu kemampuan penalaran peserta didik yang masih lemah menjadi indikasi lemahnya kemampuan berpikir kreatif. Upaya meningkatkan keterampilan berpikir kreatif juga dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL dirasa tepat digunakan karena terdapat proses berpikir kreatif di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran PBL yang mampu meningkatkan kreatifitas berpikir peserta didik. Penelitian ini menggunakan  penelitian kualitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIII SMP N 4 Wonosari Gunungkidul. Obyek penelitian meliputi kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran, dan media pembelajaran. Instrumen pengumpulan data adalah dengan wawancara dan angket tes maupun non tes. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan beberapa hasil antara lain, kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih perlu ditingkatkan, media pembelajaran yang dipergunakan belum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, guru membutuhkan bahan ajar yang mampu mengintegrasikan keterampilan berpikir kreatif, guru memerlukan E-Modul yang sesuai dengan model pembelajaran PBL, peserta didik memerlukan bahan ajar berbasis E-Modul agar pembelajaran menjadi lebih bervariasi, statistika dianggap sebagai materi yang sulit oleh peserta didik, baik guru maupun peserta didik membutuhkan suatu bahan ajar berbasis elektronik seperti E-Modul berbasis model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dapat dikembangkan dalam pengembangan E-Modul berbasis model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. (tujuan sejumlah kesimpulan)

Keywords: Berpikir Kreatif, E-Modul, Problem Based Learning, Statistika

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.