FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Sayidan Amrizal Fikri

Abstract


Model Pembelajaran matematika saat ini menuntut kualitas proses yang dapat mengembangkan berbagai kemampuan dalam pembelajaran, salah satunya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa dalam mengungkapkan kembali isi dari materi pelajaran secara lisan maupun tulisan dengan Bahasa yang mudah dipahami dan mampu memberikan interpretasi serta mampu mengaplikasikan konsep sesuai dengan struktur kognitif yang dimiliki siswa. Dengan kemampuan pemahaman konsep matematis, siswa dapat bertukar ide dan berdiskusi untuk memperdalam pemahaman konsepnya serta mampu memecahkan permasalahan matematika. Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah Flipped Classroom. Pembelajaran Flipped Classroom adalah model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dengan menyediakan materi pembelajaran melalui video. Dalam Flipped Classroom siswa mempelajari materi pelajaran dirumah sebelum kelas dimulai untuk menemukan sendiri konsep materi sesuai pemahaman awal masing masing siswa dan kegiatan belajar mengajar dikelas dapat berupa mengerjakan tugas, berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Dengan sudah diberikannya materi sebelum dimulai pembelajaran maka waktu pembelajaran untuk berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang belum dipahami siswa lebih banyak. Dengan adanya aktivitas ini, tentunya akan dapat lebih mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata Kunci : Flipped Classroom, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.