Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Memahami Masalah Geometri

Riska Intan Prastiwi, Teguh Wibowo, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam memahami masalah geometri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Purworejo pada semester Ganjil tahun ajaran 2018/2019 pada siswa kelas VIII sebanyak 5 siswa. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa yang mempunyai kebiasan duduk di bangku depan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian didapat melalui hasil tes tertulis, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam memahami masalah geometri terdiri dari: 1) mengidentifikasi dengan tulisan, gambar, dan secara aljabar untuk memahami masalah; 2) memahami nilai dari notasi dan peran matematika dalam mengembangkan gagasan untuk merencanakan langkah penyelesaian masalah.

Kata Kunci: komunikasi matematis, masalah geometri

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.