STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DAN ROUND CLUB PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Riska Hidayanti, Bambang Priyo Darminto, Puji Nugraheni

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Inside-Outside Circle lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Round Club. Penelitian ini termasuk eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 192 siswa, Teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua. Perhitungan statistik uji hipotesis diperoleh bahwa hasil dari perbandingan kedua data, dianalisis menggunakan uji multivariat dengan taraf signifikansi (α = 0,05) bahwa hotteling’s trace menunjukkan nilai Fhitung sebesar 8,1433. Dilanjutkan dengan uji univariat secara terpisah untuk hasil belajar kognitif diperoleh thitung = 3,17495 dan untuk hasil belajar afektif diperoleh thitung = 3,1006 dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif IOC memberikan hasil lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif RC pada materi garis dan sudut pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: hasil belajar matematika, inside-outside circle, round club

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.