TELAAH KEBUTUHAN E-LKPD PENUNJANG MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Salah satu kunci utama keberhasilan suatu pembelajaran adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan cara berpikir kritis logis dan kreatif untuk dikembangkan sesuai dengan keterampilan belajar abad 21. Peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dapat menyelesaikan masalah matematika yang berhubungan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah. Kondisi pembelajaran yang satu arah dan bahan ajar yang tidak memuat indikator berpikir kritis menjadi penghambat perkembangan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran yang akan digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru dan peserta didik di SMP IT Lukman Al-Hakim International kelas VI, Yogyakarta. Obyek penelitian adalah berpikir kritis, model pembelajaran, dan sumber belajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan angket. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah. SMP IT Lukman Al-Hakim Internasional belum memiliki E-LKPD. Sekolah memerlukan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Problem based learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Guru memerlukan E-LKPD yang memuat model pembelajaran problem based learning yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan E-LKPD yang dapat menunjang model pembelajaran problem based learning agar kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat.
Keywords: : Berpikir Kritis, E-LKPD, Problem Based Learning
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.