PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Renanda Widyastika, Anggun Badu Kusuma

Abstract


Keberhasilan belajar seorang siswa tidak hanya dipengaruhi oleh IQ (Intelegensi Quetient), melainkan juga dipengaruhi oleh EQ (Emotional Quetient) atau sering dikenal kecerdasan emosional Kecerdasan emosional memiliki pengaruh besar untuk menentukan keberhasilan belajar siswa, oleh karena itu penting bagi seorang siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.. Saat ini banyak siswa yang memiliki IQ tinggi namun memiliki prestasi yang rendah, atau sebaliknya siswa yang mempunyai  IQ sedang justru dapat mengungguli siswa yang memiliki IQ tinggi. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan seberapa pentingnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap pembelajaran matematika di kelas. Hasil dari tulisan ini yaitu  kecerdasan emosional dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, afektif (sikap atau karakter), dan psikomotorik  siswa pada proses pembelajaran dikelas.  IQ (Intelegensi Quetient) dan EQ (Emotional Quetient) berperan penting dalam proses pembelajaran matematika yang dilakukan siswa. Sehingga IQ dan EQ akan berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, IQ (Intelegensi Quetient), EQ (Emotional Quetient), Pembelajaran Matematika

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.