UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Diyan Fiki Iskandar, Sumargiyani Sumargiyani, Diah Martha Setiadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Bantul dalam materi perbandingan melalui model pembelajaraan kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian tindakan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut dapat memperbaiki keaktifan belajar matematika siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tipe Snowball Throwing menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek keaktifan belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Bantul pada pokok bahasan perbandingan mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I keaktifan siswa sebesar 60,65% untuk siklus II sebesar 79,93%.

Kata Kunci: Kooperatif tipe Snowball Throwing, Keaktifan belajar.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.