BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Dika Ayu Astuti, Dian Novita

Abstract


Era revolusi industri 4.0 menuntut kualitas pembelajaran yang mampu mengembangkan berbagai kemampuan penting dalam pembelajaran, salah satu adalah kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan siswa dalam menyatakan pikiran atau idenya dalam bentuk simbol, tabel, diagram, atau media lain baik secara lisan maupun tulisan. Dengan kemampuan komunikasi matematis, siswa dapat berbagi ide untuk memperdalam pemahamannya dan juga untuk menyelesaikan masalah matematis, sehingga dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam belajar matematika. Model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah blended learning. Dalam blended learning siswa dibiasakan untuk saling berinteraksi, berdiskusi, bertukar pendapat atau ide mengenai permasalahan tertentu. Dengan berbagai aktivitas ini, tentunya siswa akan berlatih untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya baik secara lisan maupun tulisan.

Kata Kunci : Blended Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.