UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Bantul dalam materi perbandingan melalui model pembelajaraan kooperatif tipe Make A Match. Penelitian tindakan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah rata-rata seluruh aspek keaktifan belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Bantul pada pokok bahasan perbandingan mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase keaktifan belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I keaktifan siswa sebesar 61,72% untuk siklus II sebesar 78,96%.
Kata Kunci: Kooperatif tipe Make A Match, Keaktifan belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.