UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019

Diah Martha Setiadi, Sumargiyani Sumargiyani, Diyan Fiki Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Bantul dalam materi perbandingan melalui model pembelajaraan kooperatif tipe Make A Match. Penelitian tindakan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah rata-rata seluruh aspek keaktifan belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Bantul pada pokok bahasan perbandingan mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase keaktifan belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I keaktifan siswa sebesar 61,72% untuk siklus II sebesar 78,96%.

Kata Kunci: Kooperatif tipe Make A Match, Keaktifan belajar.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.