ANALISIS BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA

Deby Tivani, Teguh Wibowo, Puji Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sub keterampilan dari inti berpikir kritis Facione yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA dalam penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes berpikir kritis matematis. Pengumpulan data yang dilakukan melalui pemberian tes dan verifikasi dengan wawancara. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian adalah siswa yang berkemampuan matematika tinggi. Diambil 2 subjek yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis dalam penelitian ini, yaitu S1 dan S2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan kemampuan berpikir kritis matematis yang merupakan sub keterampilan dari inti berpikir kritis Facione yaitu merepresentasikan informasi yang ada pada masalah matematika, membuat model matematika dari masalah matematika, menghubungkan informasi pada soal dalam menentukan fungsi kendala, menilai komponen dalam penyelesaian masalah matematika, mengaitkan antar objek matematika yang digunakan pada penyelesaian masalah, menilai relevansi antar komponen penyelesaian masalah, menilai pernyataan yang ada pada soal matematika, mengumpulkan dan membuat kesimpulan dari hasil penyelesaian masalah matematika, menjelaskan hasil penalaran yang telah dilakukan dalam menyelesaikan masalah matematika dan meninjau kembali hasil penyelesaian masalah matematika yang telah dilakukan.

Kata Kunci: berpikir kritis matematis, Facione



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.