ETNOMATEMATIKA DALAM PASAR BARTER DI KECAMATAN WULANDONI, LEMBATA, FLORES, NUSA TENGGARA TIMUR

Christiana Monica Vianny Abong Elannor, St. Suwarsono

Abstract


Matematika adalah ilmu mendasar yang penting dalam kehidupan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari ternyata hampir semua masyarakat selalu belajar matematika, tidak hanya di sekolah tetapi semua lapisan masyarakat menerapkan ilmu-ilmu matematika, baik itu buruh bangunan, pedagang di pasar bahkan anak-anak yang belum sekolah sekalipun menerapkan yang namanya matematika. Temasuk pada kegiatan pasar barter di Kecamatan Wulandoni, Lembata, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aspek-aspek matematis dan aktivitas-aktivitas fundamental matematis yang terdapat dalam kegiatan pasar barter Kecamatan Wulandoni, Lembata, Flores, Nusa Tenggara Timur sehingga etnomatematika dapat diperkenalkan dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan dalam pasar barter tersebut memiliki aspek-aspek matematis, yaitu pola bilangan, operasi hitung bilangan bulat, dan logika (implikasi) dan aktivitas-aktivitas fundamental matematis, yaitu counting dan explaining.

Keywords: Etnomatematika, Pasar Barter, Aspek Matematis, Aktivitas Fundamental Matematis.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.