ANALISIS KEBUTUHAN MODUL DENGAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN 4C PADA PESERTA DIDIK

Athifah Rahmi, Suparman Suparman

Abstract


4C (Critical thingking and problem solving, Communication, Collaboration, Creativity and innovation) merupakan  keterampilan  yang penting dimiliki oleh peserta didik di pembelajaran abad 21 dan revolusi industri 4.0. Di sisi lain, motivasi belajar peserta didik yang rendah berdampak pada hasil belajar yang rendah. Sehingga untuk membangun motivasi dan keterampilan 4C perlu didukung oleh bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran dan karakteristik peserta didik yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan 4C. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP 2 Piri, Yogyakarta. Objek penelitian meliputi keterampilan 4C, pendekatan  Contextual Teaching and Learning (CTL), dan bahan ajar berupa modul. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan  Miles - Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan beberapa hasil. Pertama, guru memerlukan modul yang sesuai dengan model pembelajaran dan yang memuat  penanaman motivasi belajar dan keterampilan 4C. Kedua, guru memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Ketiga, CTL merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan 4C. Keempat, Peserta didik kelas VIII tersebut mengalami kesulitan mempelajari materi matematika khususnya Pola Bilangan. Penelitian ini merekomendasikan sebuah modul yang dapat dikembangkan dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan 4C peserta didik.

Keywords : CTL, Keterampilan 4C, Modul , Motivasi Belajar, Pola Bilangan



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.