EFEKTIVITAS PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA

Aqidatul Izzah, Harina Fitriyani

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa dan menjadi dasar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep siswa dalam matematika. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) terhadap pemahaman konseptual matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Sewon Kabupaten Bantul. Sampel diambil 2 kelas menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberi pendekatan RMT dan kelas kontrol diberi pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes pemahaman konseptual matematis untuk memperoleh data pemahaman konseptual matematis siswa. Analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan Chi-Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Adapun uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 61 menunjukkan ada perbedaan antara nilai tes pemahaman konseptual matematis siswa yang menggunakan pendekatan RMT dengan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan diperoleh dan . Akibatnya sehingga H0 ditolak. Jadi disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai tes pemahaman konseptual matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, dan pendekatan RMT lebih efektif daripada pendekatan saintifik.

 

Kata Kunci : Rigorous Mathematical Thinking (RMT), pemahaman konseptual matematis, pendekatan saintifik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.