ANALISIS KEMAMPUAN LOOKING BACK SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Ahmad Wahyu, Teguh Wibowo, Heru Kurniawan

Abstract


Memeriksa kembali (looking back) merupakan kegiatan yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan anak dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan looking back siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Garung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi.Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Garung tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 3 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematika (soal essay), wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan looking back siswa dalam pemecahan masalah matematika pada siswa sudah mampu memenuhi indikator. Adapun indikator tersebut yaitu 1) Siswa dapat mengecek kembali (checking) jawaban yang diperoleh berdasarkan apa yang diketahui dan ditanyakan; 2) Siswa mampu menarik kesimpulan berdasarkan jawaban diperoleh.

Kata Kunci: looking back, pemecahan masalah matematika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.