ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN NON-LINEAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Bambang Priyo Darminto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki tingkat kesalahan mahasiswa sesuai dengan Teori Newman dalam menyelesaikan sistem persamaan non-linear. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 17 orang terdiri dari 5 orang dalam lower group, 7 orang dalam midle group, dan 5 orang dalam upper group. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta mata kuliah Metode Numerik. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dilakukan secara acak sesuai kelompoknya masing-masing.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) subjek penelitian memiliki tingkat kesalahan yang berbeda dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Untuk subjek penelitian dalam kelompok lower, memiliki tingkat kesalahan tertinggi. Hal ini sangat wajar karena subjek penelitian dalam kelompok lower memiliki kemampuan kognitif  yang relatif lebih rendah dibanding kelompok midle dan kelompok upper; (2) persentase tingkat kesalahan subjek penelitian mulai dari reading errors sampai dengan encoding errors cenderung meningkat. Dalam penelitian ini, peneliti tidak menjumpai bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan membaca (reading errors), sedangkan kesalahan terbesar ( terdapat pada kesalahan menemukan hasil akhir (encoding errors).

Kata Kunci: Newman, persamaan, non-linear, numerik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.