PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran matematika mengalami perkembangan, yang semula deduktif, bergerak ke arah induktif. Seiring dengan pergantian kurikulum, pembelajaran matematika dilakukan dengan berbagai macam cara. Pada kurikulum 1975 sampai dengan kurikulum 1994 pembelajaran matematika masih terasa sederhana. Hal ini berbeda dengan kurikulum 1999 sampai dengan sekarang kurikulum 2013 yang sudah modern. Kajian ini merupakan studi kualitatif terhadap buku pelajaran matematika SD dari tahun 1975 sampai dengan 1994 dan dari tahun 1999 sampai tahun 2013. Hasil kajian ini meliputi: (1) pembelajaran matematika konvensional kurikulum 1975-1994 diajarkan dengan cara menanamkan konsep, memberikan contoh latihan dan yang terakhir adalah pemberian tugas kepada siswa; (2) pembelajaran matematika modern diajarkan dengan langkah mengkontekskan materi dengan kehidupan sehari-hari, membuktikan suatu konsep, dan yang terakhir adalah menyimpulkan dari konsep.
Kata Kunci: pembelajaran matematika, konvensional, modern
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.