PEMAHAMAN KONSEP GRUP MELALUI LESSON STUDY BAGI MAHASISWA

Herry Agus Susanto, Dewi Susilowati Susilowati

Abstract


Lesson Study merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran. Termasuk didalamnya adalah pembelajaran di perguruan tinggi. Lesson Study di pergururuan tinggi khusunya bagi mahasiswa calon guru merupakan pendekatan yang tepat dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru.

Implementasi lesson study di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, khususnya program studi pendidikan matematika sudah dilaksanakan sejak tahun 2012. Namun, perjalanannya mengalami beberapa kendala. Hal ini disebabkan belum  dipahaminyasecara utuh makna dan dampak pelaksnaan lesson study. Lesson Study masih dipandang sebagai metode mengajar. Oleh karena itu, sejak tahun 2015 pelaksanaan lesson study mulai diaktifkan kembali.  Khusunya pada program studi pendidikan matematika.

Implementasi Lesson Study dalam pembelajaran mata kuliah struktur aljabar dilaksanakan pada program studi pendidikan matematika. Bagaimana implementasi dalam pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah struktur aljabar? Secara sekilas diuraikan sebagai berikut. Mahasiswa dalam satu kelas dibagi dalam kelompok sebanyak 4-5 mahasiswa tiap kelompok. Setiap kelompok untuk membahas dan menyampaikan materi tertentu sesuai dengan tugasnya. Tiap kelompok disebut tim lesson study. Salah satu anggota tim lesson study sebagai penyampai materi. Mahasiswa yang lain sebagai pengamat atau observer.

Dampak implementasi lesson study dalam pembelajan terdapat peningkatan keaktifan mahasiswa dalam bertanya, menjawab dan memberi tanggapan. Pemahaman terhadap konsep grup mengalami peningkatan. Bagaimana lesson study berperan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui pencapaian kompetensi mahasiswa dan pemahaman konsep grup, akan diungkap secara lengkap dalam uraian tulisan ini.

Kata Kunci: pemahaman, konsep grup, lesson sudy

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.