PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE

Alwi Akhmad, Nila Kurniasih

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar  siswa kelas X TPMI A SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TMPIA SMK Ma’arif 4 Kebumen. Objek penelitiannya adalah proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran TTW pada materi persamaan dan pertidaksamaan dengan nilai mutlak.  Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes.  Berdasarkan hasil angket minat belajar matematika, ada peningkatan terhadap minat belajar matematika siswa dari siklus I 73,73% dengan kategori cukup, pada silus II menjadi 84,07 dengan kategori baik. Hasil  observasi minat belajar matematika, ada peningkatan terhadap minat belajar matematika siswa. Peningkatan dari siklus I 65% dengan kategori cukup, pada siklus II menjadi 87,94.% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan tes hasil belajar matematika, ada peningkatan terhadap hasil belajar matematika siswa. Peningkatan dari siklus I rata-rata 77,62 dengan ketuntasan klasikal 67,65% yang mencapai KKM 75, pada siklus II menjaji rata-rata 80,94. dengan ketuntasan klasikal 91,18 % yang mencapai KKM 75.

Keyword: Minat, Hasil Belajar, Think Talk  Write (TTW)



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.