ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF

Syaiful Nur Aziz, Suparman Suparman

Abstract


Berfikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran abad 21, dan revolusi industri 4.0. Peserta didik yang memiliki keterampilan berfikir kreatif rendah, akan sulit menyelesaikan soal bertipe HOTS. Bahan ajar yang tidak memuat keterampilan berfikir kreatif, berdampak pada ketidakefektifan pencapaian kompetensi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif peserta didik. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah guru, dan peserta didik SMA Ali Maksum Krapyak. Obyek penelitian adalah keterampilan berfikir kreatif, e-modul, dan model pembelajaran inquiry. Instrumen penelitian menggunakan soal tes, angket dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian memberikan hasil, peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari trigonometri khususnya pada materi sudut berelasi. Keterampilan berfikir kreatif peserta didik tergolong masih rendah. Model pembelajaran inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif peserta didik. Bahan ajar yang sudah ada belum mampu mengintegrasikan keterampilan berfikir kreatif peserta didik. Guru memerlukan e-modul yang sesuai dengan model pembelajaran inquiry, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif peserta didik. Peserta didik membutuhkan e-modul yang dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan e-modul dengan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan berfikir kreatif peserta didik.

Keywords : Berfikir Kreatif, E-Modul, Model Pembelajaran Inquiry


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.