ANALISIS KEBUTUHAN SESUAI E-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS

Muhammad Syakir Y. Hairun, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir kritis sangat diperlukan oleh peserta didik di abad  21 ini. Berpikir kritis merupakan salah satu ketrampilan penting dalam pembelajaran di era indutri 4.0. Perangkat pembelajaran yang memuat ketrampilan berpikir kritis dibutuhkan agar dapat mencapai tujuan pendidikan dari kurikulum  2013. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai agar dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik  SMP Muhammadiyah Banguntapan. Obyek penelitian adalah berpikir kritis, model pembelajaran Problem Based Learning, dan sumber belajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan  pedoman observasi, pedoman wawancara, angket. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri dari dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. penelitian memberikan beberapa hasil. Pertama ketrampilan berpikir kritis peserta didik tergolong masih rendah, Kedua guru masih menggunakan E-LKPD yang konvensional, serta guru memerlukan E-LKPD  yang dapat mengintegrasikan ketrampilan berpikir kritis. Ketiga guru memerlukan model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta  didik. Salah satu model yang pembelajaran yang dapat digunakan adalah  model pembelajaran  Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning  diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan E-LKPD berbasis model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis.

Keywords: Berpikir Kritis, E-LKPD , Problem Based Learning



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.