EKSPLORASI ASPEK ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT KAMPUNG SAWU NUSA TENGGARA TIMUR

Maria Yustina Nanga, Suwarsono Suwarsono

Abstract


Keabstrakan obyek dalam matematika memerlukan berbagai hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa untuk membantu pemahaman. Pembelajaran berbasis budaya memberikan ruang kepada siswa untuk memberikan solusi secara kontekstual berdasarkan pengalaman siswa sebagai bagian dari suatu masyarakat budaya. Etnomatematika merupakan sebagai suatu pendekatan yang mengaitkan antara matematika dengan kebudayaan. Rumah adat Kampung Sawu merupakan salah satu warisan budaya yang terletak di Mauponggo, Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aspek-aspek fundamental matematis yang terdapat pada rumah adat Kampung Sawu dan mengetahui aspek-aspek matematis yang terdapat pada rumah adat Kampung Sawu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini antara lain ditinjau dari aktivitas counting, measuring, designing and building, explain yakni sejarah terbentuknya dan proses pembuatan geometri seperti persegi dan limas terpancung. Aspek matematis yang terkandung dalam proses pembuatan rumah adat adalah fungsi atau pemetaan dan membilang.

 

Keywords: Etnomatematika, Rumah Adat Kampung Sawu, Aktivitas Fundamental Matematis, Aspek Matematis


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.