ANALISIS KEBUTUHAN E-LKPD SESUAI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Ahmad Asrori, Suparman Suparman

Abstract


Membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir kreatif, saat ini merupakan tantangan bagi setiap peserta didik. Pembelajaran matematika merupakan salah satu peluang yang sangat potensi untuk mencapai kompetensi tersebut. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Analisis bahan ajar berupa E-LKPD dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif matematis siswa penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek Penelitian adalah peserta didik SMP Muhammadiyah Bangun Tapan. Objek Penelitian adalah berpikir Kreatif, Metode Pembelajaran Problem Based Learning, dan sumber belajar. Pengumpulan data menggunakan  soal, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Analisis data menggunakan Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan suatu data. Penelitian memberikan beberapa hasi. Keterampilan Berpikir Kreatif peserta didik masih rendah. PBL merupakan salah satu model pembelajaran  yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. E-LKPD untuk  mengintrograsikan keterampilan berpikir kreatif belum ada. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan E-LKPD dengan model problems based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.

Keywords: Berpikir kreatif, E-LKPD, Problem Based Learning



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.