PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REALISTIK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstract
Kecerdasan seorang pendidik dalam mengemas pembelajaran matematika dapat melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Kreativitas dan kecerdasan pada hakikatnya saling berkaitan satu sama lain. Kreativitas yang dimiliki oleh siswa perlu adanya dorongan supaya kreativitas yang dimilikinya dapat optimal. Peneliti mengembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis realistik. Realistik merupakan suatu pendekatan yang menggunakan kehidupan nyata yang ada di lingkungan sekitar kita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan lembar kerja siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan) , Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Purworejo. Instrumen pada penelitian ini antara lain lembar penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan angket siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata validasi sebesar 3,9. Penilaian kepraktisan terhadap LKS yang digunakan dalam pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata kepraktisan 85% untuk uji coba terbatas dan 86% untuk uji coba luas, sehingga menunjukkan respon sangat positif. Dilihat dari aspek keefektifan dengan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa memperoleh presentase 84,37% dengan nilai rata-rata 79,28 dan dinyatakan sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Keywords: Pengembangan LKS, Berbasis Realistik, Berpikir Kreatif
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.