EFEKTIVITAS THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SMP DI YOGYAKARTA

Tri Astuti Arigiyati, Istiqomah Istiqomah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa, serta untuk mengetahui apakah ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Penelitian ini digunakan untuk memprediksi keadaan yang dapat dicapai melalui eksperimen yang sebenarnya, tetapi tidak memungkinkan untuk mengontrol atau memanipulasi semua variabel yang relevan. Penelitian ini menggunakan desain “Posttest-Only Control Design”. Data kemampuan awal diperoleh dengan teknik dokumentasi, sedangkan hasil belajar matematika dengan teknik tes. Pengujian hipotesis dengan anava dua arah 2 x 3.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.