PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Alpha Galih Adirakasiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh pendekatan open-ended terhadap pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis serta asosiasi antara kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol postes. Dalam penelitian ini dilibatkan pula pengaruh faktor peringkat siswa, yaitu peringkat siswa tinggi, sedang dan rendah yang dtetapkan berdasarkan nilai matematika dan raport. Pengambilan sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis berupa tes tertulis berbentuk uraian. Populasi penelitian ini adadlah siswa SMA dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA sebanyak dua kelas. Analisis data kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis menggunakan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis yang memperoleh pendekatan open-ended lebih baik daipada pembelajaran konvensional serta terdapat asosiasi antara kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa.

.

Kata Kunci : Open Ended, Berpikir Kreatif, Koneksi Matematis



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.