PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Dwi Purwanti

Abstract


Peningkatan kualitas proses dan hasil belajar yang dilakukan oleh guru mengarah kepada pengembangan nilai-nilai karakter kepada peserta didik dengan memberikan keteladanan, pembiasaan, dan menciptakan lingkungan yang kondusif. Kajian ini difokuskan pada (1) konsep pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika yaitu jujur, demokrasi, tanggung jawab, mandiri, disiplin, kerja keras, kreatif, dan rasa ingin tahu; dan (2) langkah-langkah pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika, (3) pembelajaran kontekstual dalam mengembangkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika.  Hasil kajian ini meliputi (1) pengembangan nilai-nilai karakter matematika dalam pembelajaran yaitu jujur, demokrasi, bertanggungjawab, mandiri, disiplin, kerja keras, kreatif, dan rasa ingin tahu.(2) langkah-langkah pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika: a) Menggunakan nilai-nilai budaya dan karakter yang sesuai antara Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar; b) Mencantumkan nilai-nilai budaya dan karakter ke dalam silabus; c) Mencantumkan nilai-nilai karakter ke dalam RPP;  (3) Mengembangkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kontekstual yang membantu guru dalam memotivasi siswa untuk mengaitkan pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan sehari-hari


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.