ANALISIS KEBUTUHAN DESAIN PEMBELAJARAN IRISAN KERUCUT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

Dewi Malihatud Darojah, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan desain pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik berbasis mobile learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Langkah-langkah penelitian meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas jurusan IPA berjumlah 5 siswa dan seorang guru matematika kelas XI. Objek dalam penelitian ini meliputi kurikulum, metode pembelajaran, karakteristik siswa, dan pemahaman siswa mengenai materi irisan kerucut. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mendapatkan data karakteristik siswa dan metode pembelajaran, lembar wawancara digunakan untuk mendapatkan data pemahaman konsep, dokumentasi untuk menganalisis kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kurang memahami konsep materi irisan kerucut yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional, (2) siswa cenderung pasif pada saat proses pembelajaran berlangsung karena pembelajaran berpusat pada guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dan guru membutuhkan desain pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik berbasis mobile learning yang diharapkan dapat membantu pemahaman siswa mengenai konsep irisan kerucut.

Keywords: analisis kebutuhan, pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.