ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERDASARKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Dwi Pamungkas, Suparman Suparman

Abstract


Buku matematika tentang bangun datar yang ada saat ini, banyak beredar dalam bentuk abstrak. Siswa diberi materi bangun datar dengan rumus-rumus dan contoh soal, yang kemudian siswa dilatih secara drill agar terampil menyelesaikan soal tersebut. PMRI adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang akan menggiring siswa memahami konsep matematika dengan mengkontruksi sendiri melalui pengetahuan sebelumnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya, menemukan sendiri konsep tersebut sehingga belajarnya menjadi bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi awal siswa, kurikulum dan kebutuhan materi ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode deskriptip kualitatif. Subjek penetilian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Kalasan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui analisis kurikulum, observasi siswa, hasil lembar kerja siswa, wawancara terhadap guru dan siswa. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa kemampuan komunikasi siswa masih lemah dikarenakan soal pada materi ajar yang diberikan masih abstrak sehingga dibutuhkan materi ajar bangun datar yang lebih berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: Pengembangan, PMRI, Komunikasi



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.