FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : SEBUAH KAJIAN TEORITIS

Rahma Hayati

Abstract


Perkembangan teknologi dewasa ini semakin berkembang pesat. Pengaruh perubahan informasi dan teknologi juga dirasakan dalam dunia pendidikan, seperti guru, siswa bahkan dalam konsep pembelajaran. Akibatnya, dibutuhkan proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi untuk merespon harapan siswa dan guru dalam menyeimbangkan perubahan tersebut. Salah satu model pembajaran yang belakangan ini mulai berkembang adalah “Flipped Classroom”. Flipped classroom merupakan pembelajaran yang memanfaatkan waktu di dalam kelas dan di luar kelas sekaligus, dengan bantuan teknologi. Dimana penyajian materi dilakukan di luar kelas, sedangkan di dalam kelas lebih ditekankan kepada pemahaman siswa terhadap materi. Kajian teori ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis bagaimana peluang penerapan flipped classroom dalam pembelajaran matematika. Dari hasil kajian teoritis, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah dalam flipped classroom dapat mendukung pembelajaran matematika dan berpeluang untuk dikembangkan dalam berbagai satuan tingkat pendidikan.

Keyword : flipped classroom, pembelajaran matematika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.