KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MAHASISWA KAITANNYA DENGAN SOAL MATEMATIKA DALAM PISA

Nur Rokhima, Suparman Suparman

Abstract


PISA (Programme for International Student Assessment) adalah studi international menguji prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia antara 15 tahun yang mendekati akhir wajib belajar. Namun, hasil survey yang dilakukan oleh lembaga internasional tersebut, menempatkan Negara Indonesia pada tahun 2015 menduduki peringkat yang masih dibawah rata – rata dan belum membanggakan diantara Negara – Negara bersaing lainnya. Dalam hal ini, menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi serta kesalahan dan kelemahan yang terjadi tidak hanya dilihat dari segi siswa saja, salah satunya adalah mahasiswa sebagai calon guru. Sehingga, subyek dalam makalah ini adalah mahasiswa sebagai calon guru di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Melalui latihan yang sering dilakukan mahasiswa  sebagai calon guru terhadap menyelesaikan soal PISA, maka mereka dapat menggunakan kemampuan literasi matematika sekaligus mengembangkannya. Berdasarkan cara mengungkap data untuk memperoleh deskripsi penelusuran kemampuan literasi matematika mahasiswa menggunakan soal matematika dalam PISA, yaitu dengan menggali informasi terhadap apa yang dipikirkan dan dilakukan subjek, maka makalah ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan demikian kesimpulannya yaitu bahwa soal matematika PISA tidak hanya menguji kemampuan matematika sederhana mahasiswa sebagai calon guru, tetapi mampu memberikan stimulus menggunakan penalaran sendiri dalam penyelesaiannya.

Kata kunci : Kemampuan literasi matematika, PISA, Mahasiswa Pendidikan Matematika



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.