PENINGKATAN KERJASAMA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Hanifah Nabila Hendral, Uswatun Khasanah

Abstract


Masih banyaknya siswa yang mengerjakan tugas kelompok secara individu membuat proses diskusi   dalam   pembelajaran   matematika   kurang   optimal.   Penerapan   model   pembelajaran kooperatif   tipe   Think   Pair   Share   (TPS)   dalam  pembelajaran   matematika   diharapkan   dapat meningkatkan kerjasama siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam  pembelajaran  matematika  melalui  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Think  Pair  Share (TPS). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di salah satu SMPN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan TPS. Data diperoleh menggunakan   observasi   dan   wawancara.   Hasil   penelitian   dapat   disimpulkan   pembelajaran kooperatif  tipe  TPS  dapat  meningkatkan  kerjasama  siswa.  Hal  tersebut  terlihat  dari  persentase kerjasama siswa tiap siklus mengalami peningkatan yakni siklus I sebesar 40%, siklus II 67% dan siklus   III   88%.   Dari   hasil   tersebut   dapat   di   tarik   kesimpulan   bahwa   model   TPS   mampu meningkatkan kerjasama siswa.

Keyword : Kerjasama, Think Pair Share, TPS


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.