PENINGKATAN KERJASAMA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
Abstract
Masih banyaknya siswa yang mengerjakan tugas kelompok secara individu membuat proses diskusi dalam pembelajaran matematika kurang optimal. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat meningkatkan kerjasama siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di salah satu SMPN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan TPS. Data diperoleh menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal tersebut terlihat dari persentase kerjasama siswa tiap siklus mengalami peningkatan yakni siklus I sebesar 40%, siklus II 67% dan siklus III 88%. Dari hasil tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa model TPS mampu meningkatkan kerjasama siswa.
Keyword : Kerjasama, Think Pair Share, TPS
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.