IMPLEMETASI TEORITIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN STATISTICAL LITERACY

Ulivia Isnawati Kusuma

Abstract


Pada abad 21 ini seiring berkembangnya teknologi, berita dan data statistik mudah beredar sehingga siswa dituntut untuk memiliki kemampuan memahami, menginterpretasi, mengevaluasi, bahkan mengkritisi tentang informasi statistik. Kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk mendukung hal tersebut adalah kemampuan statistical literacy. Dengan kemampuan statistical literacy tersebut, siswa diharapkan dapat memanfaatkan pengetahuannya secara optimal sehingga dapat menafsirkan informasi statistik secara kritis dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran matematika dalam meningkatan kemampuan statistical literacy secara teoritis. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa statistical literacy merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan di tiap jenjang sekolah sebagai bekal untuk di masa depan agar menjadi produsen dan konsumen informasi statistik yang cerdas.

Keywords: pembelajaran matematika, statistical literacy, informasi statistik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.