MODEL ELICITING ACTIVITIES : SUATU ALTERNATIF PEMBELAJARAN MENYENANGKAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF

Latifah Pertamawati

Abstract


Pembelajaran menyenangkan diketahui dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa pada kegiatan pembelajaran. Diantara karakteristik pembelajaran menyenangkan adalah pembelajaran yang bermakna dan nyata bagi siswa. Model Eliciting Activities adalah salah satu aktivitas pembelajaran yang bermakna. Model Eliciting Activities adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mendukung siswa untuk membuat dan menguji model matematika dari situasi nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari. Terdapat 6 prinsip pada Model Eliciting Activities, meliputi : Personal Meaningfulness, Model Construction, Self-Evaluation, Model-Documentation, Effective Prototype, dan Model Share-ability and Reusability. Pada kajian literatur ini, penulis merangkum prinsip-prinsip Model Eliciting Activities dan menghubungkannya dengan peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa. Hasil kajian literatur ini menunjukkan bahwa penerapan Model Eliciting Activities dalam pembelajaran diharapkan tidak hanya meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa, akan tetapi juga dapat mendukung siswa dalam mengembangkan kemampuan penalaran melalui proses penyelesaian masalah nyata yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran.

Keywords: Model Eliciting Activities, Pembelajaran Menyenangkan, Penalaran Adaptif

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.