MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES : STUDI LITERATUR

Yustine Maulina

Abstract


Self-efficacy merupakan suatu aspek yang berpengaruh dalam kehidupan siswa. Pengembangan self-efficacy siswa dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences yang sesuai untuk mengembangkan self-efficacy siswa. Pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences merupakan pembelajaran yang memberdayakan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa. Multiple Intelligences yang dimiliki siswa meliputi kecerdasan Linguistik, Logika-Matematika, Intrapersonal, Interpersonal, Musikal, Visual-Spasial, Kecerdasan Kinestetik, Naturalis, dan Eksistensial. Artikel ini mengkaji penelitian yang relevan terhadap penerapan Multiple Intelligences dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran matematika berbasis Multiple Intelligences memiliki karakter yang sesuai untuk mengembangkan self-efficacy siswa.

Keywords: Self-efficacy, Pembelajaran Matematika berbasis Multiple Intelligences


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.