PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) agar dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 1 Piri Yogyakarta sebanyak 32 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model TAI untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa setelah diterapkan model TAI prestasi belajar matematika siswa meningkat dari pra siklus ke siklus I dan siklus II yaitu pada pra siklus nilai rata-rata sebesar 63,48 dengan persentase ketuntasan 46,87% (15 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 72,71 dengan persentase ketuntasan 62,50% (20 siswa) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,93 dengan persentase ketuntasan 75% (24 siswa).
Keywords: Model TAI, Prestasi Belajar Matematika
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.