PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Tri Astuti Arigiyati, Alim Anhar Rosidi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) agar dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 1 Piri Yogyakarta sebanyak 32 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model TAI untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa setelah diterapkan model TAI prestasi belajar matematika siswa meningkat dari pra siklus ke siklus I dan siklus II yaitu pada pra siklus nilai rata-rata sebesar 63,48 dengan persentase ketuntasan 46,87% (15 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 72,71 dengan persentase ketuntasan 62,50% (20 siswa) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,93 dengan persentase ketuntasan  75% (24 siswa).

Keywords: Model TAI, Prestasi Belajar Matematika



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.