ANALISIS KEBUTUHAN GAME EDUKASI BERBASIS MULTIMEDIA: PETUALANGAN BETA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nita Novianti, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru tentang media pembelajaran khususnya game adukasi untuk kelas VIII SMP pada  guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dreskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kalasan sedangkan teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil wawancanra dengan guru diperoleh bahwa metode yang biasanya dipakai saat pembelajaran adalah metode konvensional sementara siswa lebih menyukai pembelajaran secara kontekstual. Perlu adanya strategi baru untuk meningkatkan prestasi siswa apalagi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Salah satunya dengan game edukasi. Materi atau pokok bahasan yang tepat untuk pengembangan game edukasi ada materi bangun ruang. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan game edukasi berbasis multimedia yaitu Petualangan Beta dalam pembelajaran matematika. Game yang menggunakan tema kontekstual akan lebih bisa diingat oleh siswa. Sebagai daya tarik, game ini juga akan menyajikan karakter unik bernama “Beta” yang berarti “saya”. Nama yang dirasa cukup familiar oleh semua kalangan di Indonesia. Melalui media ini, peserta didik diharapkan tidak hanya dapat memahami materi yang disajikan tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta dapat memotivasi dan menumbuhkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran matematika.

Keywords: Game Edukasi, Multimedia, Media Pembelajaran, Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.