ANALISIS KEBUTUHAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Syah Fathi Azzatia, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan buku ajar matematika berbasis etnomatematika pada siswa kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian analisis dengan jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru matematika SMP/MTs dan siswa kelas VII dari beberapa SMP/MTs di Yogyakarta pada tahun ajaran 2017/2018. Objek penelitian meliputi respon guru terhadap buku ajar, respon guru terhadap proses pembelajaran, respon siswa terhadap buku ajar, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Teknik pengambilan data menggunakan non tes dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pedoman observasi digunakan untuk mengambil data buku ajar dan proses pembelajaran, pedoman wawancara digunakan untuk mengambil data buku ajar dan proses pembelajaran. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Telah tersedia buku ajar untuk proses pembelajaran.(2) keseluruhan materi buku ajar yang ada telah sesuai dengan KI dan KD.(3) Siswa masih kesulitan memahami materi yang ada pada buku ajar yang tersedia. (4) Buku ajar masih perlu ditingkatkan dengan memberikan contoh yang bersifat konkret. (5) Siswa menyetujui pengembangan buku ajar berbasis etnomatematika sebagai sumber belajar tambahan yang memudahkan siswa dalam memahami materi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa membutuhkan buku ajar berbasis etnomatematika.

Keywords: Buku Ajar, Matematika, Etnomatematika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.