PENGARUH TINGKAT KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Iwan Kurnianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri di kabupaten Kudus dengan mengambil sampel untuk penelitian sejumlah 308 siswa dari 3 sekolah berbeda. Data diperoleh dari angket dan nilai prestasi belajar siswa. Angket dalam penelitian ini terdiri dari butir-butir pertanyaan yang terkait dengan kreativitas siswa. Analisis data hasil penelitian adalah analisis vasiansi satu jalan sel tak sama dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil  penelitian  ini menyatakan  bahwa  hasil  pengujian F hitung > F tabel maka Ho ditolak, sehingga diperoleh hipotesis (Ha) bahwa terdapat  pengaruh tingkat kretivitas terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri di kabupaten kudus. Adapun kesimpulan dari penelitian  ini adalah prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat kreativitas tinggi sama baiknya dengan prestasi belajar siswa pada tingkat kreativitas sedang, prestasi belajar siswa dengan tingkat kreativitas sedang lebih baik daripada prestasi belajar siswa pada tingkat kreativitas rendah serta prestasi belajar siswa dengan tingkat kreativitas tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa pada tingkat kreativitas rendah.

Kata kunci: Tingkat Kreativitas, Prestasi Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.