ANALISIS KEBUTUHAN LKS STIKER BERGAMBAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan LKS menggunakan model problem based learning (PBL) pada materi bangun ruang, yang ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII MTS Gunung Mulya. Data penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara dan observasi terhadap krikulum, metode pembelajaran, materi, karakter siswa, dan kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) siswa kurang berminat dalam belajar matematika, tidak fokus dan kurang aktif, hal ini dibutikan siswa masih belum bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru. (2) Guru menggunakan LKS sebagai bahan ajar dan menggunakan metode konvensional untuk pembelajaran. LKS yang digunakan hanya berisi materi dan soal-soal rutin, sehingga LKS tidak memberikan pengalaman belajar dan kemampuan komunikasi siswa. (3) Siswa kurang paham konsep bangun ruang karena siswa kesulitan membayangkan sebuah objek. Oleh karena itu, siswa dan guru membutuhkan alat pembelajaran yang deket dengan kehidupan sehari-hari yaitu LKS berbasi PBL pada materi bangun ruang.
Keywords: Komunikasi Matematika, Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning (PBL)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.