PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TPS GUYON PADA MATERI POLA

Anugerah Agung Kristiawan, Helti Lygia Mampouw

Abstract


Implementasi model pembelajaran yang tepat terhadap materi matematika dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan model pembelajaran TPS GUYON pada pembelajaran tentang pola. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan 5 fase model pengembangan Plomp. Produk akhir dari penelitian ini adalah model pembelajaran TPS GUYON yang merupakan satu kesatuan pembelajaran materi pola yang didesain menggunakan tayangan audio visual interaktif dan lembar kerja yang dikemas dalam bentuk permainan. Tayangan audio visual interaktif digunakan untuk membantu siswa memahami pola melalui gambar-gambar pola dalam kehidupan sehari-hari. Selama tayangan berlangsung, siswa mengeksplorasi dan mengembangkan proses berpikir tentang pola. Identifikasi dan kreasi pola pada tahapan berpikir lebih tinggi dilaksanakan menggunakan lembar kerja di mana siswa diberi kesempatan mengkreasi barisan berpola melalui keteraturan yang dipilih sendiri. Beberapa permainan diadakan untuk memotivasi siswa menjelaskan pola secara verbal. Uji coba pembelajaran pola menggunakan TPS GUYON di kelas VII-A telah mencapai KKM sebesar 82,14 %. Hasil ini merekomendasikan model pembelajaran TPS GUYON dapat diimplementasikan tanpa materi prasyarat.

Kata Kunci: model pembelajaran, TPS GUYON, pola



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.