MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERPENDEKATAN BRAIN-BASED LEARNING MENGGUNAKAN ASESMEN KINERJA

Rosyida Khikmawati

Abstract


Salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika di Sekolah adalah siswa diharapkan memiliki kemampuan pemecahan masalah. Hal ini terkait dengan kebutuhan siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan pemecahan masalah yang diciptakan dalam pembelajaran matematika, siswa dilatih untuk menyelesaikan masalah yang bersifat tidak rutin. Artikel ini mengulas bagaimana upaya guru pelajaran matematika, khususnya di SMP melalui pembelajaran berbasis masalah berpendekatan brain-based learning menggunakan asesmen kinerja dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah berpendekatan brain-based learning menggunakan asesmen kinerja siswa dapat menunjukkan pemahaman masalah, memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah secara tepat, mengembangkan strategi pemecahan masalah, dan menafsirkan model matematika dari suatu masalah. Simpulannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis masalah berpendekatan brain-based learning menggunakan asesmen kinerja.

Keywords: Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Brain-Based Learning, Asesmen Kinerja



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.