ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Bahan ajar adalah bagian dari sumber belajar yang digunakan untuk mengajar yang disusun secara sistematis, yang diharapkan dapat memberikan lingkungan yang memungkinan peserta didik dapat belajar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk siswa SMP. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika di SMP N 1 Tepus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis etnomatematika untuk siswa SMP dibutuhkan. Dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar yang lebih inovatif dan kreatif agar dapat menarik siswa dalam proses pembelajaran serta dapat membangkitkan kemauan siswa untuk berpikir dan menggali informasi.
Keywords: pembelajaran matematika, bahan ajar, etnomatematika
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.