ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Maryati Maryati, Suparman Suparman

Abstract


Bahan  ajar  adalah  bagian  dari  sumber  belajar  yang  digunakan  untuk  mengajar  yang  disusun secara sistematis, yang diharapkan dapat memberikan lingkungan yang memungkinan peserta didik dapat  belajar  dengan  baik.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  kebutuhan bahan  ajar  berbasis etnomatematika untuk  siswa  SMP.  Metode yang  digunakan  adalah  kualitatif deskriptif  dengan  teknik  pengumpulan  data  menggunakan  observasi  dan  wawancara.  Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika di SMP N 1 Tepus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  bahan  ajar  berbasis  etnomatematika  untuk  siswa  SMP  dibutuhkan.  Dapat  disimpulkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar yang lebih inovatif dan kreatif  agar dapat menarik siswa dalam  proses  pembelajaran  serta  dapat   membangkitkan  kemauan  siswa  untuk  berpikir  dan menggali informasi.

 

Keywords: pembelajaran matematika, bahan ajar, etnomatematika



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.